WiFi: Tipe HotSpot

From SpeedyWiki

Jump to: navigation, search

Ada beberapa jenis HotSpot yang biasa digunakan, yaitu:

  • HotSpot gratis sebagai tambahan pelayanan umum biasanya dioperasikan di hotel, di lobby hotel, di conference room, di coffee shop, atau di cafĂ©. Biasanya dengan adanya HotSpot gratis akan menaikkan image & menarik pangsa pasar tertentu untuk datang ke tempat tersebut. Kadang HotSpot jenis ini merupakan instalasi semi permanent, di acara pameran computer atau konferensi / seminar computer.
  • HotSpot berbayar ke pemilik tempat biasanya di ruangan hotel, restoran, atau coffee shop. Karena tidak semua hotel mampu untuk memberikan servis HotSpot gratis. Mereka mengambil kebijakan untuk memberikan servis berbayar kepada pengguna HotSpot untuk menalangi biaya leased line atau unlimited ADSL ke Internet yang pada masa lalu di tahun 2000-an bisa mencapai Rp. 3-4 juta / bulan. Pada saat ini, Internet unlimited sudah mulai murah dalam orde ratusan ribu per bulan, jadi sangat mudah untuk menyelenggarakan HotSpot.
  • HotSPot berbayar ke operator WiFi HotSpot, misalnya Boingo, iPASS Operator WiFi HotSpot ini merupakan jaringan internasional yang global dengan banyak sekali pengguna yang mobile secara internasional. Jenis HotSpot ini biasanya akan lebih menarik bagi mereka yang memiliki banyak pengguna yang datang dari manca negara.

Tentunya sebuah HotSpot dapat merupakan gabungan dari beberapa tipe HotSpot menjadi satu kesatuan, tidak harus menyediakan hanya satu tipe saja. Jadi bisa saja, HotSpot berbayar ke pemilik gedung dan berbayar ke operator WiFi HotSPot di operasikan pada sebuah HotSpot, jadi bagi pengguna biasa yang tidak berlangganan ke iPass dapat tetap menggunakan dengan membayar biayanya ke pemilik gedung.


[edit] Pranala Menarik

Personal tools