Beberapa Tips dan Tricks dari Google

From SpeedyWiki

Revision as of 10:52, 9 February 2012 by Onnowpurbo (Talk | contribs)
(diff) ←Older revision | Current revision (diff) | Newer revision→ (diff)
Jump to: navigation, search

Pada tanggal 2/2/2012, Onno W. Purbo berkesempatan untuk mengunjungi Google Singapore yang beralamat di #30-01 Asia Square One, 8 Marina View, Singapore 018960 kalau di Google Maps kira-kira berada di koordinat 1.28392,103.851686

Kesempatan visit tersebut dilakuan bersama belasan Blogger dari Indonesia yang di komandani oleh Donny B.U. dari ICTWATCH.COM. Host yang menerima kami di Google adalah Mike Orgill.

Pada kesempatan itu kami berkesempatan bertemu dengan sekitar 15-an orang Indonesia di Google Singapore, yang menarik misalnya,

  • Mereka biasanya kerja dulu di Indonesia 1-2 tahun
  • Melamar ke Google via Internet
  • Melakukan sekitar 6x wawancara, wawancara terakhir di Singapore.

Contents

[edit] Budaya Google

Kesuksesan sebuah perusahaan / kantor akan tercermin dari budaya kerjanya. Ada beberapa hal yang menarik dari Budaya Google, seperti,

  • Orang nomor 1 Google Singapore ternyata tidak punya ruangan khusus sendiri. Beliau satu ruangan dengan Googlers lainnya. Ini menyebabkan suasana kerja yang amat sangat DEMOKRATIS sekali.
  • Disana sini memang ada ruangan untuk meeting atau menyendiri, jika dibutuhkan. Tapi tempat kerja bersatu.
  • Ruangan kerja di Google lebih mirip di sebut rumah dari pada kantor. Ada tempat nyari inspirasi, ruang gema, ruang ping pong dll. Ini menyebabkan orang dengan senang hati "nongkrong" dan "kerja" di Google.
  • Hampir di semua lantai ada dapur, makanan melimpah. Makan pagi, makan siang tidak perlu keluar, semua di siapkan di cafetaria.
  • Tidak ada pakaian yang formal yang harus dipakai untuk kerja, ada beberapa yang kerja pakai kaos dan celana pendek :)

[edit] Tips Google+

Pagi hari tanggal 2/2/2012 kami berkesempatan bertemu dengan Robin Moroney salah satu champion untuk Google+ (g+). Beliau bercerita bahwa g+ sebetulnya baru mulai sekitar september 2011. Sampai january 2012, sudah ada sekitar 90 juta user. Sampai january 2012, ada sekitar 150 perubahan program pada server g+.

Konsep yang menarik dari g+ adalah circle (lingkaran). Masing-masing circle dalam account g+ kita dapat dilihat sebagai kategori atau kumpulan orang dengan "spesifikasi" tertentu, seperti, keluarga, teman, kenalan, orang yang kita follow dll. Kira-kira circle bisa dilihat sebagai filter juga. Menggunakan circle kita bisa menentukan sebuah posting apakah ingin di buat "public" atau untuk circle-circle tertentu, atau beberapa orang tertentu saja. Dengan demikian, privasi / kontrol dapat sangat terjaga.

Tidak heran jika G+ menjadi sangat nyaman digunakan untuk mencari dan bertemu dengan orang yang tidak kita kenal.

Informasi menarik yang diceritakan oleh Robin Moroney adalah android IceCream sekarang sudah mengintegrasikan G+ dengan sangat baik. Misalnya address book android di sync dengan data di G+, jadi kalau teman kita ganti nomor HP bisa langsung dihubungi tanpa perlu mengubah address book karena sudah sync dengan data di g+.

Berbeda dengan situs sosial lainnya, g+ melengkapi photo editor dan juga creative kit dalam fasilitas album-nya. Jadi kita bisa lah mengedit sedikit-sedikit foto yang kita upload ke g+.

Fasilitas yang cukup menarik adalah "hangout". Hangout dapat dilihat sebagai fasilitas video chatting. Tapi beberapa orang menggunakannya untuk melakukan konser / orasi. Contoh yang real adalah Presiden Obama pernah melukan Hang out yang sekaligus di streaming ke youtube. Ini menyebabkan follower presiden Obama naik mengalahkan presiden Taiwan yang pertama menggunakan Hangout.

Di dunia musik yang juga tidak kalah menarik adalah AKB48 dari Jepang. Yang mempunyai fans sangat banyak dan berinteraksi melalui hangout dan biasanya akan menerima comment yang sangat banyak lebih dari 500 comments untuk satu posting status.

Kisah yang paling dramatis adalah Daria Musk seorang biasa saja dari tengah Amerika suatu hari dia punya ide untuk mengadakan konser melalui Google Hangout. Saat itu, engineer Google mengatakan tidak mungkin karena fasilitas Hangout tidak dirancang untuk itu. Tapi Daria tetap nekad melakukan Hangout tersebut, Hangout pertama 16 Juli 2011 di hadiri oleh sekitar 200-an orang saja setelah 6.5 jam melakukan Hangout. Saat tulisan ini di tulis, Follower Daria sudah lebih dari 631359 orang kira-kira setengah dari Britney Spears. Padahal Daira awalnya adalah orang biasa saja. G+ ternyata bisa mengubah seseorang dalam waktu beberapa bulan saja.

Beberapa tips sederhana untuk mencari teman atau orang yang ingin kita follow. Cara yang paling sederhana adalah menggunakan fasilitas search. Kadang kala, orang akan men-share lingkaran / circle teman-2 nya, ini dapat menjadi referensi untuk mencari teman. Kata kunci yang menarik untuk di search di g+ adalah "best of" dan "most recent" / "terkini".

Teknik lain untuk mencari orang adalah membaca-baca http://socialstatistics.com lakukan search dengan lokasi tertentu, atau nama tertentu. Kebetulan situs ini juga kan merangking orang di g+.

[edit] Tips Google Technology User Group

Erwan Mace adalah salah satu relasi / penghubung dengan para developer di seluruh dunia dengan Google. Komunitas yang menarik adalah Google Technology User Group GTUG http://www.gtugs.org. GTUG adalah komunitas Developer yang berkumpul dan membicarakan teknologi Google, seperti, Android, API Google dll. Tidak ada syarat untuk membuat komunitas GTUG. GTUG di batasi kira-kira satu kota satu GTUG. Sebaiknya di konfirmasi ke Google. Aktifitas sekitar 2x pertemuan per bulan.


[edit] Referensi Lainnya

[edit] Pranala Menarik

Personal tools